Tahapan Membuat Website


Apakah Anda bisa membuat sebuah website? Jika Anda mahir, segera tinggalkan artikel ini. Ini artikel bukan untuk Anda para master, tetapi khusus untuk pemula, atau bahkan yang belum mengenal website sama sekali.

Membuat sebuah website bukanlah pekerjaan yang mudah, tetapi juga bukan merupakan pekerjaan yang sangat sukar. Jadi jika kita mau, pasti bisa, dan itu tidak susah. Sebenarnya membuat website tidaklah sesulit apa yang kita bayangkan. Setidaknya ada empat tahapan dalam membuat website, yaitu kurang lebih sebagai berikut:

1.      Blog
Mungkin Anda langsung protes, Blog kok disebut website? Okelah, seperti telah dituliskan di atas, bagi para master segera tutup artikel ini J. Memang blog berbeda dengan website, akan tetapi, bolehlah, bahwa kita asumsikan bahwa website adalah segala sesuatu yang tampil di internet dan semua orang bisa mengakses. Jadi dalam hal ini blog juga termasuk.
Membuat blog adalah langkah awal jika Anda ingin menjadi seorang web disainer. Banyak blog yang ditawarkan, Blogger atau Wordpress atau juga yang lain. Hampir semua blog menyediakan fasilitas gratis, artinya, Anda tidak perlu repot-repot membeli hosting atau domain. Semua disediakan secara gratis, tentunya terbatas, dan domainnya juga bukan TLD. Tapi inilah langkah awal Anda.

2.      Custom Blog
Jika Anda sudah bisa membuat sebuah blog, misalnya dengan Blogger, maka tahapan kedua adalah dengan melakukan customisasi domain. Dengan blogger, maka alamat website (blog) Anda masih menggunakan ekstensi blogspot.com, misalnya bloganda.blogspot.com. jadi tidak bloganda.com atau .net atau yang lain. Nah, sebenarnya Anda bisa mengcustomisasinya menjadi .com atau .net atau ekstensi yang Anda inginkan. Nah, ini tentunya tidak gratis, alias membayar. Untuk Blogger, maka Anda tinggal membeli sebuah domain, lalu tinggal melakukan custom setting domain. Jika Anda menggunakan Wordpress, maka masih ada biaya tambahan mapping dari domain Anda ke wordpress.

3.      Website Builder
Website builder adalah sarana atau program yang dapat digunakan untuk membuat sebuah web atau merancang disain dari sebuah web. Program ini ada yang gratis, ada juga yang berbayar. Dengan website builder, maka Anda akan leluasa merancang website Anda. Perlu dicatat, bahwa dengan blogspot, kadang orang merasa tidak bebas atau tidak puas terhadap layout bawaan dari induknya. Dengan websitebuilder, maka Anda akan leluasa merancang disain website Anda.

4.      Domain dan Hosting
Tahapan tertinggi adalah dengan menggunakan hosting dan domain yang Anda beli. Dalam hal ini, memang Anda setidaknya familier dengan bahasa pemrograman untuk melakukan pembuatan sebuah website. Tapi bisa juga dengan menggunakan fasilitas wordpress jika Anda sudah berpengalaman ngeblog dengan wordpress.


OKE? Mau dicoba step by step…..

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer