Pengertian Domain

Apakah Domain itu? Menurut Wikipedia.com, Domain adalah (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya PascalDomain.com. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Pada awalnya nama domain hanya dapat dituliskan dengan ke-26 abjad Latin, namun saat ini telah dimungkinkan untuk menggunakan abjad asing dengan Internasionalisasi nama domain. Sistem nama domain (DNS) adalah aturan yang dipakai dalam sistem penamaan dari nama domain ini.

Jadi untuk memudahkan pengertian awam, domain dapat dianggap sebagai nama sebuah situs atau nama sebuah web. Dengan mengetikkan nama domain tersebut, maka kita bisa meluncur ke situs yang kita tuju.

Saat ini sudah ada banyak sekali nama domain di dunia ini, termasuk dari Indonesia, sudah dirilis DotID. Untuk mengetahui tentang seluk beluk Domain DotID silahkan ke sini.
Selain itu, nama domain lain juga sangat banyak. Memang diakui bahwa domain DotCom memang paling populer. Akan tetapi nama domain ORG, NET, BIZ, IN, US, INFO, ASIA, EU dan masih banyak lagi. Jika memang domain DotCom sudah diambil orang, maka sebenarnya masih banyak lagi alternatif nama domain dengan harga yang murah dan juga unik. Ingin tahu lebih banyak silahkan ke sini.

Komentar

Postingan Populer