Page Rank, Perlukah?
Istilah Pagerank (PR) tentunya bukan
hal yang asing bagi para blogger, bahkan blogger pemula pun
juga mengenalnya. Page Rank merupakan algoritma dari Google dalam menempatkan halaman suatu
situs dalam mesin pencariannya. Jadi jika kita mengetikkan kata kunci
tertentu dalam mesin pencari google, maka yang tampil di halaman utama
adalah situs dengan PR yang tertinggi. He he begitu katanya
Tapi kadang-kadang saya sendiri
menjumpai tidak demikian. Ada situs dengan PR tinggi diletakkan di bawah
PR yang lebih rendah dalam mesin pencarian google. Katanya lagi,
sekarang google merubah sistemnya sehingga situs yang pernah kita buka
pada alamat IP address yang sama akan diberi prioritas untuk tampil
dalam halaman depan. Ini sesuai dengan tujuan google untuk memberikan
informasi yang lebih relevan kepada penggunanya. Tapi ini katanya lho...
Lepas dari itu, saya juga sering
menjumpai bahwa suatu situs dengan PR rendah tapi trafficnya tinggi,
jauh lebih tinggi dari pada suatu situs dengan PR yang jauh lebih
tinggi. Traffic atau tingkat kunjungan biasanya diukur dengan Alexa.
Semakin kecil nilai rangking Alexa berarti semakin tinggi tingkat
kunjungan pada situs tersebut
Banyak sekali trik yang
ditawarkan untuk meningkatkan PR atau mengecilkan ranking Alexa. Semua tTergantung dari tujuan kita
membuat situs atau ngeblog. Kalau tujuannya adalah ekspresi diri, maka
kita tidak terlalu pusing-pusing dengan PR atau traffic. Dari pada
ekspresi diri kita rusak dengan trik-trik tersebut mending tidak usah
kita lakukan. Yang penting aktualisasi diri...
Nah kalau tujuan kita adalah
untuk mendapatkan penghasilan dari iklan yang kita pasang, maka
sebaiknya kita mengejar traffic. Yang penting banyak pengunjung, dan
kemungkinan iklan kita di klik pengunjung lebih tinggi. Itu saja.
Mengapa? Karena hampir semua penyelenggara jasa iklan PPC (terutama di
Indonesia) mempunyai kriteria persentase antara pengunjung dengan klik.
Jadi meskipun klik kita adalah valid, artinya benar-benar di klik oleh
pengunjung kita, tapi jika persentasenya melebihi ketetapan dari mereka,
maka tetap tidak dianggap valid. Nah.. lho....jadi meskipun PR kita
tinggi, tapi kalau traffic rendah, maka akan banyak klik yang dianggap
invalid, meskipun itu sebenarnya valid, dalam arti di klik oleh
pengunjung tanpa ada intimidasi dari kita. Inilah mengapa banyak blogger
yang menguber PPC menggunakan AGC atau auto generate content, yang
sebenarnya merugikan pengunjung.
Kalau tujuan kita adalah menjual
suatu produk, maka sebaiknya kita mengejar PR. Mengapa? karena tentunya
topik situs kita adalah tertentu, jadi hanya dikunjungi oleh
orang-orang yang membutuhkan produk kita, atau setidaknya berkaitan
dengan produk kita. Dengan PR tinggi, maka ketika ada orang perlu produk
kita, mencari di mesin pencari google, maka situs kita akan terpampang
di halaman depan. Kita tidak perlu traffic yang tinggi, karena kalau
yang berkunjung yang tidak berkaitan dengan produk kita juga tidak ada
gunanya. Jadi asal kita fokus di tema kita, dengan trik meningkatkan PR
yang halal maka nantinya traffic juga akan meningkat dengan sendirinya.
Bagaimana dengan Anda?
Komentar
Posting Komentar