Page Rank, Perlukah?

Istilah Pagerank (PR) tentunya bukan hal yang asing bagi para blogger, bahkan blogger pemula pun juga mengenalnya. Page Rank merupakan algoritma dari Google dalam menempatkan halaman suatu situs dalam mesin pencariannya. Jadi jika kita mengetikkan kata kunci tertentu dalam mesin pencari google, maka yang tampil di halaman utama adalah situs dengan PR yang tertinggi. He he begitu katanya

Tapi kadang-kadang saya sendiri menjumpai tidak demikian. Ada situs dengan PR tinggi diletakkan di bawah PR yang lebih rendah dalam mesin pencarian google. Katanya lagi, sekarang google merubah sistemnya sehingga situs yang pernah kita buka pada alamat IP address yang sama akan diberi prioritas untuk tampil dalam halaman depan. Ini sesuai dengan tujuan google untuk memberikan informasi yang lebih relevan kepada penggunanya. Tapi ini katanya lho...

Lepas dari itu, saya juga sering menjumpai bahwa suatu situs dengan PR rendah tapi trafficnya tinggi, jauh lebih tinggi dari pada suatu situs dengan PR yang jauh lebih tinggi. Traffic atau tingkat kunjungan biasanya diukur dengan Alexa. Semakin kecil nilai rangking Alexa berarti semakin tinggi tingkat kunjungan pada situs tersebut

Banyak sekali trik yang ditawarkan untuk meningkatkan PR atau mengecilkan ranking Alexa. Semua tTergantung dari tujuan kita membuat situs atau ngeblog. Kalau tujuannya adalah ekspresi diri, maka kita tidak terlalu pusing-pusing dengan PR atau traffic. Dari pada ekspresi diri kita rusak dengan trik-trik tersebut mending tidak usah kita lakukan. Yang penting aktualisasi diri...

Nah kalau tujuan kita adalah untuk mendapatkan penghasilan dari iklan yang kita pasang, maka sebaiknya kita mengejar traffic. Yang penting banyak pengunjung, dan kemungkinan iklan kita di klik pengunjung lebih tinggi. Itu saja. Mengapa? Karena hampir semua penyelenggara jasa iklan PPC (terutama di Indonesia) mempunyai kriteria persentase antara pengunjung dengan klik. Jadi meskipun klik kita adalah valid, artinya benar-benar di klik oleh pengunjung kita, tapi jika persentasenya melebihi ketetapan dari mereka, maka tetap tidak dianggap valid. Nah.. lho....jadi meskipun PR kita tinggi, tapi kalau traffic rendah, maka akan banyak klik yang dianggap invalid, meskipun itu sebenarnya valid, dalam arti di klik oleh pengunjung tanpa ada intimidasi dari kita. Inilah mengapa banyak blogger yang menguber PPC menggunakan AGC atau auto generate content, yang sebenarnya merugikan pengunjung.

Kalau tujuan kita adalah menjual suatu produk, maka sebaiknya kita mengejar PR. Mengapa? karena tentunya topik situs kita adalah tertentu, jadi hanya dikunjungi oleh orang-orang yang membutuhkan produk kita, atau setidaknya berkaitan dengan produk kita. Dengan PR tinggi, maka ketika ada orang perlu produk kita, mencari di mesin pencari google, maka situs kita akan terpampang di halaman depan. Kita tidak perlu traffic yang tinggi, karena kalau yang berkunjung yang tidak berkaitan dengan produk kita juga tidak ada gunanya. Jadi asal kita fokus di tema kita, dengan trik meningkatkan PR yang halal maka nantinya traffic juga akan meningkat dengan sendirinya.

Bagaimana dengan Anda?

Komentar

Postingan Populer